• Kamis, 27 Januari 2022

Dukung UKM Indonesia Jadi Juara Kelas, ICSB Hadirkan Galang UKM Indonesia Juara

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 13:59 WIB

 

Edisi.co.id -Jakarta, - Tahun ini, Galang UMKM Indonesia (GUKMI) kembali diadakan secara virtual dengan mengangkat tema “Menjadi UKM Juara Kelas”. 

Topik GUKMI kali ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UKM di Indonesia dalam beradaptasi dan menghadapi tantangan baru saat krisis pandemi berlalu. Yang menjadi kunci pembahasan kali ini merupakan pengelolaan pelanggan, produk, dan juga merek. Dengan semangat sebagai Juara Kelas, para pengusaha mikro, kecil dan menengah diharapkan bisa memiliki keunggulan dari sisi pengelolaan pelanggan, produk maupun merek.

Hadir sebagai pembicara, Hermawan Kartajaya selaku Chairman & Co-Founder Indonesia Council for Small Business Chairman, Asia Council for Small Business Incoming Chair for International Council for Smal Business, dan Jacky Mussry selaku President Indonesia Council for Small Business, CEO & Dean MarkPlus Institute.

“Pemerintah, kemudian pengusaha, pebisnis, peneliti atau kampus, dan pembina, empat poin inilah yang akan kita masukkan elemennya ke dalam Galang UKM Indonesia keenam yang kita sebut GUKMI”, buka Hermawan Kartajaya pada bincang-bincang virtual bersama pegiat UKM Indonesia, Rabu (06/10/21).

Mengangkat topik Menjadi UKM Juara Kelas, Presiden ICSB kemudian menjelaskan “Untuk bisa menjadi juara kelas para pengusaha UKM harus memiliki pandangan yang lebih strategis. Ada yang seolah-olah menampik ini urusah korporasi besar, padahal UKM perlu memikirkan secara strategis. Kita juga melihat bahwa ini sudah bukan waktunya lagi UKM mainnya technical terus, jadi harus strategis.”, ujar Jacky Mussry.

Baca Juga: Komnas HAM Sebut Kebangkitan PKI hanya Isu Politik

“Dalam Galang UKM Indonesia 2021 ini ada 3 strategi terkait dengan pemasaran yang bisa dipertimbangkan untuk para pengusaha kecil dan menengah menjadi juara kelas yang akan dibahas selama 2 hari, strategi pengelolaan pelanggan, strategi pengelolaan produk, dan strategi pengelolaan merek.”, tambah Jacky.

Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM, Talkah Badrus yang turut hadir pada gelaran GUKMI hari ini memaparkan upaya pemerintah kaitannya dalam pengembangan UKM.

Halaman:

Editor: Rohmat Rospari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bagaimana Sebenarnya Cara Kerja Pasar Saham

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:45 WIB

Pemerintah Kembali Lakukan Diskon PPnBM

Rabu, 19 Januari 2022 | 10:50 WIB

Daftar 22 Bank yang Akan Menjalankan BI-Fast

Senin, 25 Oktober 2021 | 14:17 WIB

Bulog Berpontesi Merugi, Ini Sebabnya

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:29 WIB
X