Desa wisata di Kabupaten Manggarai Barat, NTT di nilai asih Sebatas Labeling

- Jumat, 21 Oktober 2022 | 12:20 WIB

Edisi.co.id - Desa wisata di Kabupaten Manggarai Barat, NTT di nilai asih sebatas labeling. Pasalnya, puluhan desa wisata tersebut belum mengintegrasikan potensi-potensi lain yang dimiliki.

Pelaku Pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat, Donatus Matur, Kamis 20 Oktober 2022 menyampaikan, pengelolaan obyek wisata alternatif yang saat ini semakin diminati wisatawan yakni Desa Wisata, dinilai justru belum dilakukan secara optimal.

Ia mengatakan, keberadaan dan pengelolaan sekitar 70 Desa Wisata potensial yang ada di Daerah Manggarai Barat sekarang ini membutuhkan perhatian serius dari semua pihak yang terkait dunia pariwisata.

Baca Juga: Pemkot Depok Diminta Tindak Bangunan Pelanggar GSS di Meruyung Depok

"Masih banyak pengelolaan desa wisata yang belum optimal, baik dari sisi kenyamanan, kebersihan, keunikan tradisi dan keragaman wisata budaya dan kemampuan membangun promosi yang efektif dengan kalangan swasta maupun stakeholder pariwisata lain," kata Pengurus Asita Kabupaten Manggarai Barat itu.

Don Matur mengemukakan, idealnya desa wisata merupakan integrasi potensi-potensi desa. Artinya, sisi lain desa harus ditonjolkan. Misalnya menawarkan wisatawan membuat kerajinan khas desa. Bisa juga mengajak wisatawan bersawah, berkebun, dan berternak.

”Dengan begitu jangkauan wisata menjadi luas dan beragam, tapi terorganisir. Manajemennya jadi satu,” ujarnya.

Selain itu, desa wisata yang sudah final wajib mempunyai home stay atau penginapan.

Ia mengatakan, kunjungan ke desa wisata membutuhkan cukup banyak waktu. Bahkan, bisa berhari-hari. Home stay tersebut difungsikan untuk istirahat atau tempat wisatawan bermalam.

Halaman:

Editor: Rohmat Rospari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berikut Ini Adalah Rekomendasi Hotel Kawasan Pecinan

Selasa, 24 Januari 2023 | 12:20 WIB

Wisata Kopi Indonesia Mempunya Potensi Besar

Senin, 9 Januari 2023 | 03:19 WIB

Ternyata Ada 4 Wisata Yang Lagi Hits di Surabaya

Rabu, 4 Januari 2023 | 02:01 WIB
X