Di Talkshow dan Tausiyah Film Buya Hamka, Ustaz Jeje Zaenudin: Buya Hamka Sosok Mujahid Sekaligus Mujtahid

- Selasa, 28 Maret 2023 | 13:13 WIB
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Seni Budaya, dan Peradaban Islam, KH Jeje Zaenudin  - Foto: Henry Lukmanul Hakim
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Seni Budaya, dan Peradaban Islam, KH Jeje Zaenudin - Foto: Henry Lukmanul Hakim

Edisi.co.id, Padang -Ketua Majelis Ulama Indonesia Bidang Seni Budaya, dan Peradaban Islam, KH Jeje Zaenudin menyebut Buya Hamka sebagai sosok mujahid sekaligus mujtahid. Sosok seperti Buya Hamka itu jarang ditemui dari ulama atau tokoh bangsa yang lain.

“Ini yang saya rasa sulit ditemukan dari ulama yang lain bagaimana memadukan sebagai mujtahid sekaligus mujahid dan mujtahid dalam berbagai dimensi ilmu,” ujar Ustaz Jeje dalam Talkshow dan Tausiyah Film Buya Hamka, Jumat (24/03) di Masjid Raya Sumatera Barat, Padang.

Perpaduan sebagai mujahid dan mujtahid, menurut Ustaz Jeje, terlihat saat Buya Hamka menjabat sebagai Ketua MUI 1977-1981. Buya Hamka dengan objektif dan berani mengeluarkan fatwa tentang Muslim Ikut Memperingati Hari Natal.

Baca Juga: Direktorat Jenderal Pajak Minta Masyarakat Waspada Upaya Phishing melalui E Mail

“Dengan semangat mujtahid dan mujahid, beliau mampu merumuskan keputusan-keputusan fatwa MUI yang sangat objektif, sanga lugas, sangat jelas yang tidak bisa diintervensi dan ditekan oleh kepentingan-kepentingan lain di luar hukum Islam,” lanjut dia.

Dalam acara itu, Ustaz Jeje juga menjelaskan sosok Buya Hamka sebagai mujahid multidimensi yang sejak dini tumbuh sebagai seorang pelajar.

Sebagai mujahid, Buya Hamka sangat gigih dalam menunut ilmu pengetahuan, terlibat dalam perang revolusi mempertahankan kemerdekaan, dan jihad menghadapi situasi politik di dalam negeri dari rejim pemerintahan.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Menegaskan bahwa Larangan Buka Puasa Bersama Hanya Ditujukan untuk Pejabat Pemerintah

“Semangat jihad beliau sebagai mujahid itu tumbuh sejak menjadi pelajar hingga akhir hayatnya, ” ujarnya.

Sebagai sosok mujtahid, Buya Hamka juga telah melahirkan karya tafsir dengan corak penfasiran Al-Quran yang khas, konsisten dengan ijtihad fikih, di bidang kesustraan, termasuk ijtihad yang melahirkan rumusan tasawuf modern.

Ustaz Jeje menyampaikan, melalui Film Buya Hamka ini, sosok mujahid dan mujtahid Buya Hamki semakin terjiwai lagi.

Baca Juga: Raih Pahala Sebanyak-banyaknya dengan Menjalankan Berbagai Amalan di Bulan Ramadhan

“Insyallah melalui film ini, anak-anak kita, ulama kita, dan pemimpin kita akan menjiwai langsung bagaimana dan seperti apa ruh mujahid dalam segala situasi, ” ungkap Ketua Umum PP PERSIS itu.

Editor: Henry Lukmanul Hakim

Sumber: mui.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penguatan Budaya dalam RUU Kekhusunan Jakarta

Sabtu, 27 Mei 2023 | 20:34 WIB
X