• Senin, 16 Mei 2022

Cegah Hepatitis Akut, RBC Berikan Layanan Imunisasi kepada Anak

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 10:23 WIB
Imunisasi yang Diberikan pada Anak
Imunisasi yang Diberikan pada Anak

Edisi.co.id - Virus Hepatitis Akut Misterius yang menyerang anak-anak. Virus yang telah merebak di sejumlah negara ini kini telah menjangkau Indonesia.

Hingga saat ini penyebab hepatitis akut ini belum diketahui pasti. Karena itu pemerintah, Kemenkes, hingga tenaga medis menghimbau masyarakat untuk tidak panik namun selalu waspada terhadap gejala Hepatitis Akut Misterius pada anak.

Sejalan dengan himbauan pemerintah, Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC) sebagai program kesehatan yang diinisiasi oleh Sinergi Foundation, saat ini juga sedang mempersiapkan materi edukasi untuk para member.

“Hepatitis Akut Misterius ini sesuai dengan namanya, penyebabnya masih misterius, sekarang referensinya masih didalami Promkes sebelum diedukasikan kepada para member,” tutur Bidan Dewi, petugas medis di RBC Jl. Holis No.448-A, Caringin, Kec. Bandung Kulon, Kota Bandung.

Baca Juga: Peningkatan Penumpang di Stasiun Gambir dan Pasar Senen, Daop 1 Jakarta Ingatkan Kembali Syarat Naik KA

RBC sendiri sebagai tenaga medis pernah beberapa kali menangani persalinan ibu hamil dengan hepatitis.

“Sesuai dengan standarnya, klinik juga harus bisa menolong persalinan pasien dengan hepatitis asalkan tidak ada komplikasi lainnya. Dan kami menolong dengan mengenakan APD lengkap untuk menghindari penularan,” tutur Bidan Dewi.

Seperti yang diketahui, penyakit hepatitis menular melalui cairan tubuh, sama seperti kasus covid. Namun pada Hepatitis Akut Misterius ini belum diketahui virus dan cara penularannya. Meski begitu, hingga hasil dari para peneliti dipublikasikan, ikhtiar perlindungan yang dapat dilakukan untuk saat ini adalah daya tahan tubuh yang baik dan menjaga kebersihan.

“Pada umumnya, penularan hepatitis berasal dari cairan tubuh. Maka untuk pencegahan bisa dengan mengunakan masker, cuci tangan, hand sanitizer, dan menjaga kebersihan diri terutama setelah menggunakan toilet umum, sedangkan untuk nakes APDnya lebih ketat lagi,”

Halaman:

Editor: Ilham Dharmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X