• Rabu, 28 September 2022

Bazma Pertamina Salurkan Donasi Ambulans Untuk Layanan Kesehatan Gratis di Aceh Melalui Dompet Dhuafa

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 13:28 WIB
Bazma Pertamina Salurkan Donasi Ambulans Untuk Layanan Kesehatan
Bazma Pertamina Salurkan Donasi Ambulans Untuk Layanan Kesehatan

Edisi.co.id -- Kemudahan akses kesehatan adalah hal yang sangat penting bagi masyarakat dan fondasi dalam terciptanya kesejahteraan sosial. Namun, masih sering kita jumpai di beberapa wilayah terutama yang jauh dari pusat ibu kota, akses kesehatan masih sulit digapai bahkan secara akomodasi. Ambulans adalah salah satu elemen penting dalam menjangkau akses kesehatan terutama disituasi darurat kesehatan.

Beberapa persoalan pun muncul dengan ketersediaan armada ambulans yang ternyata belum merata di setiap daerah maupun fasilitas kesehatan setempat. Tingginya biaya menggunakan jasa ambulans juga kadang menambah beban masyarakat yang membutuhkan respons cepat menuju fasilitas kesehatan. Hal ini pun bukan menjadi cerita baru di Indonesia dengan wilayah yang sangat luas dan memiliki medan beragam.

Mencoba menjawab persoalan ini, Baituzzakah Pertamina (BAZMA) sebagai salah satu Mitra Pengelola Zakat (MPZ) Dompet Dhuafa menyalurkan satu unit ambulans untuk digunakan oleh Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa di wilayah Aceh. Wilayah ini menjadi pilihan setelah mempertimbangkan kebutuhan masyarakat dan variasi dari program-program yang sudah berjalan sebelumnya. Memang benar, BAZMA tidak hanya kali ini saja BerkolaborAksi dengan Dompet Dhuafa untuk menyalurkan berbagai program pemberdayaan masyarakat, akan tetapi sudah beberapa bentuk sinergy program unggulan dijalankan, seperti pemberdayaan petani dhuafa di Lembang Jawa Barat dengan program Desa Tani, dan pembangunan rumah singgah untuk keluarga pasien dhuafa yang sedang menjalani proses pengobatan.

Baca Juga: Gelar Sosialisasi Pencegahan HIV Aids, OPSI Harapakan Kesetaraan Pelayanan Kesehatan bagi ODHA

Ambulans tersebut secara resmi diserahkan kepada pihak Dompet Dhuafa khususnya LKC secara langsung pada Jumat (24/6/2022), di Gedung Grha Pertamina, Gambir, Jakarta Pusat. Etika Setiawanti selaku Direktur Resources Mobilization Dompet Dhuafa yang datang langsung dalam kesempatan tersebut menjelaskan bagaimana ambulans ini akan beroperasi dengan jangkauan penerima manfaat di wilayah Aceh.

"Hari ini kita menerima penyerahan donasi berupa ambulans dari BAZMA Pertamina yang akan diserahkan kepada Dompet Dhuafa untuk digunakan atau dioperasikan melalui Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) di wilayah Aceh. Setelah ini ambulans akan kami langsung berangkatkan ke Aceh dengan perjalanan kurang lebih satu pekan. Kurang lebih akan ada penerima manfaat lebih dari 50 KK yang secara reguler setiap bulannya akan mendapatkan manfaat dari hadirnya ambulans ini. Namun, respons kesehatan masyarakat lainnya juga akan kami layani secara gratis," jelas Etika Setiawanti selaku Direktur Resources Mobilization Dompet Dhuafa.

BAZMA Pertamina yang diwakili oleh Bapak Susilo selaku Ketua Umum BAZMA Pertamina menjelaskan alasan memilih layanan kesehatan melalui pengadaan ambulans menjadi pilihan. "Kali ini kenapa yang dipilih adalah ambulans, sebelumnya kita melakukan pembahasan untuk menentukan jenis programnya. Sebelumnya tahun lalu kita sudah melakukan program pendayagunaan masyarakat khususnya petani. Kita juga sudah membangun Rumah Singgah Pasien. Maka kali ini kita menyasar aspek kesehatan yaitu melalui ambulans ini. Ada dua lokasi yang ditawarkan kepada kami berdasarkan kebutuhannya kami memilih Aceh sebagai lokasi pengoperasian ambulans tersebut," papar Bapak Susilo selaku Ketua Umum BAZMA Pertamina.

Baca Juga: C20 SDG’s and Humanitarian Working Group International Multistakeholders

Selanjutnya, Bapak Susilo juga menambahkan harapannya kepada Dompet Dhuafa agar terus menjadi mitra yang saling membangun satu sama lain dengan visi meringankan beban masyarakat yang membutuhkan. "Jadi harapannya untuk Dompet Dhuafa tentu saja agar kita bisa tetap menjadi mitra strategis sampai ke depannya. Untuk ambulans ini semoga bisa dimanfaatkan lebih baik dan memerikan kemanfaatan bagi banyak penerima manfaat di wilayah di mana dia dioperasikan," sambungnya.

Halaman:

Editor: Ilham Dharmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pokja Lansia di Limo Depok Mendapatkan Pembinaan

Selasa, 27 September 2022 | 13:20 WIB

83 Juta Lebih Warga Jabar Sudah Mencapai Target Vaksinasi

Selasa, 27 September 2022 | 13:15 WIB
X