• Rabu, 30 November 2022

Miliki 173 Perguruan Tinggi, Prof Haedar: Islam Menjadi Agama yang Memotivasi Ummatnya Jadi Lebih Maju

- Jumat, 30 September 2022 | 06:37 WIB
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Dr KH Haedar Nashir, MSi - Foto: Dokumen pribadi
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Dr KH Haedar Nashir, MSi - Foto: Dokumen pribadi

Edisi.co.id, Lampung - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Dr KH Haedar Nashir, MSi menghadiri secara langsung peresmian masjid dan peletakan batu pertama gedung Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah (UM) Metro, Lampung, Senin (27/8). Acara ini turut dihadiri Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung, Prof Dr H Marzuki Noor, MS, Wakil Walikota Metro, Drs Qomaru Zaman, MA, Rektor UM Metro, Drs H Jazim Ahmad, MPd, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Metro, HM Daud Siddiq, BA, dan Ketua BPH UM Metro, Prof Dr Hj Enizar, MAg.

Dalam sambutan sekaligus memberikan tausyiahnya, Prof Haedar mengapresiasi atas pembangunan Masjid Baitul Hikmah yang perkembangannya jauh lebih besar. “Kami sampaikan selamat dan tahniah atas pembangunan masjid ini dengan bantuan modal awal, tetapi berkembangnya jauh lebih besar. Itulah ciri Muhammadiyah, dibantu tetapi bisa mengembangkan lebih banyak lagi,” katanya.

Dirinya juga memberikan penghargaan atas kemajuan yang pesat dari UM Metro. Di mana UM Metro meraih akreditasi baik.

Baca Juga: Fraksi PKS Ajak Ormas Islam Kolaborasi Bahas Prolegnas 2023

“Perkembangan ini menunjukkan bahwa ada etos kemajuan luar biasa yang tumbuh di kampus ini dari rektor dengan seluruh jajaran civitas akademika, yang melambangkan jiwa alam pikiran dan orientasi-tindakan Muhammadiyah di manapun berada yang selalu haus akan kemajuan,” terangnya.

Menurut Guru Besar Bidang Ilmu Sosiologi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta itu, sampai sekarang persyarikatan Muhammadiyah telah memiliki setidaknya 173 perguruan tinggi (kampus). Dari jumlah tesebut, sudah melahirkan akreditasi unggul dan ada pula perguruan tinggi yang memiliki fakultas kedokteran. Tidak hanya di Indonesia, Muhammadiyah juga telah memiliki perguruan tinggi di Malaysia, yakni Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM).

Kemudian, ada pula Muhammadiyah Australia College di Melbourne, Australia. Di sisi lain, ‘Aisyiyah juga 23.000 TK/PAUD. Dan memiliki 3 universitas menjadi satu-satunya organisasi perempuan di muka bumi, bukan hanya di Indonesia yang memiliki ribuan TK/PAUD serta memiliki universitas yang hebat.

Baca Juga: Kampus Kaderisasi, STAI PERSIS Jakarta Gelar Masa Taaruf Mahasiswa 2022-2023

“Apa yang saya gambarkan itu, bahwa etos Muhammadiyah memang etos kemajuan, selalu ingin maju dan maju,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Henry Lukmanul Hakim

Sumber: suaramuhammadiyyah.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Messi Selamatkan Nyawa Argentina di Piala Dunia 2022

Selasa, 29 November 2022 | 20:44 WIB
X