• Senin, 25 Oktober 2021

TNI AL Siap Jaga Laut Natuna Utara 24 Jam

- Sabtu, 18 September 2021 | 08:44 WIB
TNI AL
TNI AL

Edisi.co.id - Melalui TNI Angkatan Laut memastikan penjagaan di laut Natuna Utara dalam pengawasan TNI selama 24 jam penuh, Jumat 17 September 2021. Hal ini disebabkan oleh klaim sepihak China atas sebagian besar Laut China Selatan.

Panglima Komando Armada I Laksmana Muda TNI Arsyad Abdullah mengatakan, TNI AL sudah mengerahkan lima KRI dan 1 pesawat untuk menjaga laut Natuna Utara.

“KRI dituntut 1x24 jam selalu ada di Laut Natuna Utara,” kata Arsyad Abudullah saat berada di atas KRI Silas Papare-386 di perairan Natuna utara, Kepulauan Riau.

Baca Juga: Kopi Subang Berhasil Tembus Pasar Arab Saudi

TNI AL menggelar operasi sandi Siaga Segara 21 dengan mengoperasikan 5 KRI. Dengan rincian tiga atau empat KRI selalu berada di laut, dan satu KRI melaksanakan bekal ulang dengan skema bergiliran.

“Agar selalu berada di laut minimal tiga KRI, sehingga kami dapat memantau kapal-kapal yang kemungkinan akan memasuki perairan Indonesia,” ujarnya.

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I menyampaikan, klaim sepihak oleh China atas sebagian besar Laut China Selatan yang melibatkan Filipina dan Vietnam, tidak termasuk laut Natuna Utara. Indonesia, tidak termasuk dalam negara yang ikut mengklaim (non claimant state).

Baca Juga: Kerjasama Muhammadiyah-Bank Indonesia Tandatangani MoU di Bidang Ekonomi Keumatan dan Syariah

Pada sisi lain, Indonesia masih belum memiliki kesepakatan dengan Vietnam terkait batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) di Laut Natuna Utara.

Halaman:

Editor: Ilham Dharmawan

Sumber: Harian Sederhana PRMN

Tags

Terkini

LRT Jabodetabek Tabrakan di Jalur Layang Cibubur

Senin, 25 Oktober 2021 | 18:21 WIB

Sesama Bus Transjakarta alami Tabrakan

Senin, 25 Oktober 2021 | 15:45 WIB

Ini Kriteria Penerima Insentif Kartu Prakerja

Senin, 25 Oktober 2021 | 09:27 WIB

Al-Iman Selenggarakan Maulid Nabi Muhammad SAW

Minggu, 24 Oktober 2021 | 22:26 WIB
X