• Jumat, 1 Juli 2022

Wakili Pemuda PERSIS, Ghazi Bahas Peran Fikih Islam untuk Pelestarian Lingkungan di Markas Besar PBB Swiss

- Minggu, 15 Mei 2022 | 17:18 WIB
Ghazi Abdullah Muttaqien ketika berbicara di Forum Lingkungan Hidup Sedunia pada 1st World Youth Assembly 2022, Jenewa, Swiss - Foto: Dok Pribadi
Ghazi Abdullah Muttaqien ketika berbicara di Forum Lingkungan Hidup Sedunia pada 1st World Youth Assembly 2022, Jenewa, Swiss - Foto: Dok Pribadi

Edisi.co.id, Jenewa Swiss - Momen bersejarah bagi Pimpinan Pusat Pemuda Persatuan Islam (PERSIS) yang mengutus Ghazi Abdullah Muttaqien sebagai satu dari tiga delegasi terpilih pemuda Indonesia—dari total lebih kurang 70 orang delegasi terpilih se-dunia—yang lolos seleksi dan diundang mengikuti Forum Lingkungan Hidup Sedunia pada 1st World Youth Assembly 2022.

Gelaran tersebut diselenggarakan di Markas Besar PBB Jenewa, Swiss dan Université de Genève pada 20—22 April 2022.

Forum internasional yang penting dan bergengsi ini membawa tema besar “Act for the planet and trigger change!” dengan misi besar pelestarian lingkungan, kampanye peduli masa depan, dan penyelamatan bumi dari kerusakan yang disebabkan oleh manusia.

Baca Juga: ZTS: video Wapres shalat jenazah dan foto Menag Yaqut Merangkul Ragil Mahardika adalah Fitnah

Acara dibuka secara resmi oleh Mrs. Tatiana Valovaya (Director of United Nations office Geneva Switzerland), yang memberikan sambutan dan ajakan agar delegasi kongres mendukung dan mengimplementasikan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di bidang pelestarian lingkungan hidup.

Ia juga menekankan bahwa generasi muda di dunia memiliki potensi dan peran yang besar untuk turut serta dalam aksi nyata merawat bumi, dan menjadi agen perubahan ke arah yang lebih baik untuk peradaban dan kemanusiaan.

Dalam forum terhormat itu, Ghazi menyampaikan makalah tentang kontribusi fikih Islam terhadap usaha pelestarian lingkungan hidup di bidang pengelolaan air bersih dan pengayaan sanitasi sehat.

Baca Juga: Peningkatan Penumpang di Stasiun Gambir dan Pasar Senen, Daop 1 Jakarta Ingatkan Kembali Syarat Naik KA

Judul tulisan yang disajikan adalah "Islamic Fiqh's View on Ensuring Access to the Clean Water and Health Sanitation: An Analysis of Kitâb Bulûghul Marâm Chapter Thahârah".

Halaman:

Editor: Henry Lukmanul Hakim

Sumber: Persis.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X