Nasi Penggal Menu Sarapan Andalan Khas Kebumen

- Senin, 17 Januari 2022 | 15:00 WIB

Edisi.co.id - Menu Sarapan Favorit warga kebumen Jawa tengah ini enggak pernah sepi pembeli. Nikmatnya buletan nasi ditemani sayur nangka muda dan lauk jeroan sapi, mulai dari hati, kikil sampai babat semuanya nikmat.

Disepanjang daerah Gunungsari Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen, para penjual nasi Penggal tidak kalah banyak sama pembeli, walau beda penjual rasa nasi Penggal nggak jauh beda.

Hal ini karena semua penjual didaerah Gunungsari masih bersaudara, jeroan menjadi ciri khas lauk nasi Penggal dari Kebumen. Kenapa bukan daging? karena daging pada masa lalu daging adalah menu yang mahal.

Jeroan yang harganya lebih murah akhirnya jadi pilihan, dari yang tak identik dengan sajian wong cilik nasi Penggal ini disukai kalangan di Kebumen.

Baca Juga: Lima Cara Mengatasi Layar Laptop Yang Berkedip

Bentuk nasi yang bulat menjadi ciri khas lain dari nasi Penggal, Penggal dalam bahasa  setempat artinya bulat, dari du Sampai sekarang sayur utama nasi Penggal pakai Gori

Bumbu inti dengan jumlah yang banyak bisa bikin sayur terasa nikmat, ini dia Gori sama  dengan buah nangka muda.

Dalam mengolah jeroan dan sayur gori memakan waktu cukup lama. Rata-rata para penjual nasi Penggal  mulai beraktivitas di dapur sejak malam hari, proses memasak nasi Penggal yang komplit butuh waktu sampai delapan jam lebih.

Nasi Penggal mulai dijual pukul setengah enam pagi  dan nasi penggal akan habis diserbu pembeli  diserbu pembeli  dalam waktu dua jam.

Halaman:

Editor: Rohmat Rospari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Manfaat Daun Kelor Yang Jarang Orang Ketahui

Jumat, 3 Februari 2023 | 11:26 WIB

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi yang Aman

Jumat, 3 Februari 2023 | 07:57 WIB

Menjadi Guru Yang Menginspirasi

Rabu, 1 Februari 2023 | 17:51 WIB

Ombudsman Media

Rabu, 1 Februari 2023 | 14:50 WIB

Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Anak

Rabu, 1 Februari 2023 | 09:44 WIB

Manfaat Kacang Koro Bagi Tubuh Yang Perlu Kamu Tahu

Rabu, 1 Februari 2023 | 07:49 WIB
X