Karakteristik Kelinci, Hewan yang Menggemaskan

- Rabu, 9 November 2022 | 10:06 WIB

Edisi.co.id - Kelinci merupakan hewan yang memiliki nama latin oryctolagus cuniculus. Kelinci termasuk hewan mamalia dari famili Leporidae. Kelinci juga termasuk hewan herbivora yang mudah ditemui dimana saja.

Dalam ilmu biologi, kelinci termasuk dalam kelompok hewan pseudoruminansia atau herbivora yang tidak memiliki kemampuan mencerna serat secara sempurna. Berkaitan dengan kelinci, tentu menarik untuk mengenalnya lebih jauh. Berikut ini penjelasan terkait karakteristik kelinci selengkapnya.

Baca Juga: Mohammad Idris: Kita Jadikan Depok Sebagai Kota Sejuta Maulid

Karakteristik Kelinci


1. Kelinci Termasuk Hewan yang Bernafas dengan Paru-Paru
Hewan yang identik dengan warna putih dan beberapa bercorak ini bernafas dengan paru-paru. Hal tersebut berarti kelinci hidup di daratan.

2. Kelinci Termasuk Hewan Vivipar
Selain itu, kelinci termasuk hewan vivipar atau mamalia. Hewan vivipar adalah jenis hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Proses ini dilakukan oleh hewan betina.


Hewan vivipar memiliki karakteristik melahirkan dari induknya betina, memiliki kelenjar susu, mampu menyusui, tubuhnya dilapisi bulu dan memiliki daun telinga. Kelinci memiliki karakteristik tersebut.

3. Kelinci Termasuk Hewan yang Dapat Melahirkan Ribuan Bayi Setiap Tahun
Kelinci merupakan hewan yang menarik. Pasalnya, kelinci dapat melahirkan hingga 2040 bayi setiap tahunnya. Oleh karena itu, banyak yang membangun peternakan kelinci.

4. Kelinci Termasuk Hewan Nokturnal
Kelinci aktif pada malam hari. Penglihatannya semakin tajam ketika ia berada di ruangan yang remang-remang atau gelap. Posisi mata kelinci berada di sisi kanan dan kiri kepala. Hal ini membuatnya dapat melihat hingga 360 derajat.

5. Kelinci Termasuk Hewan Vertebrata
Kelinci termasuk hewan vertebrata. Hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang penopang tubuh. Kelinci memiliki tulang belakang yang lurus dari kepala hingga ekor. Karakteristik lainnya yakni memiliki kepala, leher, badan, dan ekor.

Halaman:

Editor: Rohmat Rospari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Gampang Membuat Yogurt Sendiri Dari Rumah

Selasa, 24 Januari 2023 | 14:40 WIB

Cara Menyebuhkan Pilek Dengan Obat Tradisional

Jumat, 20 Januari 2023 | 22:46 WIB

Yuk Kenali Tanda-tanda Ginjal Yang Mengalami Masalah

Kamis, 19 Januari 2023 | 21:12 WIB

Apa Saja Penyebab Batuk dan Pilek? Yuk Simak

Kamis, 19 Januari 2023 | 21:07 WIB

Manfaat Bawang Merah Yang Harus Kamu Tahu

Kamis, 19 Januari 2023 | 21:03 WIB

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Selain Diet

Kamis, 19 Januari 2023 | 20:41 WIB

Makanan Yang Cocok Untuk Kesehatan Penderita Diabetes

Senin, 16 Januari 2023 | 21:36 WIB
X