• Selasa, 26 Oktober 2021

Potret Otentik Remaja GenRe Part 2

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 17:09 WIB
ilustrasi tambal ban ( photo : pikiran rakyat)
ilustrasi tambal ban ( photo : pikiran rakyat)

Oleh: Khairunnas*

Sore itu, di tengah perjalanan, sepulang dari kantor, seorang pengendara motor memberi tahu ban mobil saya bocor. Untung saja lokasinya tidak jauh dari POM Bensin dekat rumah, dimana tersedia jasa tambal ban tubles dan isi angin nitrogen. Saya  pun mempercepat laju kendaraan menuju POM Bensin itu.

Selepas mengisi bensin sesaat, saya langsung meluncur ke lokasi tambal ban yang masih ada dalam area POM Bensin. Saya dilayani oleh dua orang petugas, seorang terlihat sudah cukup senior dan seorang lagi masih sangat muda seperti anak baru tamat SLTA.

Setelah mengecek sesaat, kedua petugas itu langsung menemukan masalah pada ban mobil saya, ternyata ada skrup yang menancap. Oooouh, ternyata itu yang membuat ban mobil saya bocor. Yaaaa sudah nasib, gumam saya dalam hati. Semua pengendara memang setiap saat beresiko mengalami ban bocor, apalagi terkadang ada saja orang yang iseng menebar paku di jalanan, sebuah tindakan yang berbahaya bagi pengguna jalan. 

Baca Juga: Sekolah Islam Al Iman : Logo baru Semangat baru

Kedua petugas itu langsung menangani ban mobil saya. Setelah mencabut skrup yang menancap, petugas yang lebih muda langsung memasukan material yang biasa digunakan untuk menambal ban tubles. Tapi saya lihat dia kesulitan memasukannya. "Maklum, masih training pak," ujar petugas yang lebih senior. Dia kemudian mengambil alih pekerjaan itu, dan segera berhasil menyelesaikannya.

Saya kemudian menatap anak muda itu. Saya lihat wajahnya memang masih polos, seperti anak yang baru datang dari kampung. Saya  pun memberanikan diri bertanya, "Baru dari kampung ya?" "Iya," jawabnya lirih. "Dari mana?," tanya saya kembali. "Dari Siak pak," jelasnya. Oouuh, tumben orang Riau mau merantau, batin saya dalam hati. Biasanya mereka betah di kampung. Dari beberapa teman asal Riau yang saya kenal, mereka biasanya sudah memiliki tingkat kesejahteraan yang cukup baik di kampungnya, sehingga tidak terlalu berminat mengadu nasib di negeri perantauan.

Riau memang tercatat sebagai salah satu daerah dengan tingkat ekonomi masyarakat yang cukup baik di Indonesia. Dengan berbagai tambang minyak dan kebun sawit yang dimilikinya, daerah ini merupakan wilayah perantauan bagi orang Sumatera Barat, Sumatera Utara, bahkan dari Pulau Jawa. "Jika di Riau mereka sudah hidup sejahtera, buat apa mereka berlelah-lelah merantau?” demikian pikir saya. Oh, ternyata asumsi saya sama sekali tidak benar. Anak muda itu menjadi buktinya. Dia menjelaskan, "Orang Riau juga suka merantau pak, kebanyakan ke Malaysia, paman saya bahkan sudah jadi warga negara di sana."

Ya, seperti halnya orang Minangkabau, orang Melayu Riau juga memiliki semangat merantau yang cukup kuat. Anak muda itu contohnya. Menurut penuturannya, dia memutuskan meninggalkan kampung halaman dan berangkat ke Pulau Jawa untuk melanjutkan pendidikan. Saat ini dia tinggal bersama pamannya yang lulusan ITB Bandung di bilangan kota Depok. Sementara dia akan “menumpang” di rumah itu sambil mencari pekerjaan dan mempersiapkan diri masuk perguruan tinggi. "Saya ingin kuliah pak, mau masuk ITB," ujarnya dengan penuh semangat.

Halaman:

Editor: Rohmat Rospari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Manfaat Sayuran Bayam untuk Kesehatan Rambut

Senin, 25 Oktober 2021 | 13:44 WIB

5 Kota Tertua di Indonesia

Senin, 25 Oktober 2021 | 10:18 WIB

Jangan Mengabaikan Kehidupan Dunia

Minggu, 24 Oktober 2021 | 22:21 WIB

Tips Memilih Pesantren

Minggu, 24 Oktober 2021 | 18:56 WIB

Beberapa Keunggulan Presantren yang Perlu Diketahui

Minggu, 24 Oktober 2021 | 18:38 WIB

Persoalan Jalan Kemal Attaturk

Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:10 WIB

Kiat Mudah Mengolah Sampah Menjadi Kompos

Kamis, 21 Oktober 2021 | 10:34 WIB

Ayoo, Ajari Anak Memasak Sejak Dini

Rabu, 20 Oktober 2021 | 11:09 WIB

Apa bedanya antara Gestok, Gestapu, dan G30S PKI

Selasa, 19 Oktober 2021 | 23:22 WIB

Begini Cara Mengecek NIK KTP Secara Online

Senin, 18 Oktober 2021 | 12:28 WIB

Ini Minuman Herbal Penurunan Kolesterol

Kamis, 14 Oktober 2021 | 10:44 WIB

Cegah Stunting Melalui Kegiatan Pik Remaja

Rabu, 13 Oktober 2021 | 11:31 WIB

PTMT Di Depok Berlangsung Aman Lebih Dari Sepekan

Selasa, 12 Oktober 2021 | 22:07 WIB

Ternyata Air Kelapa Bisa Dijadikan Skincare

Selasa, 12 Oktober 2021 | 20:45 WIB
X