• Sabtu, 26 November 2022

Muktamar Amul Huzni untuk Para Syuhada Pandemi

- Selasa, 20 September 2022 | 18:52 WIB
(Ilustrasi) Pemakaman jenazah terpapar Covid-19 dengan protokoler kesehatan - Foto: Henry Lulmanul Hakim
(Ilustrasi) Pemakaman jenazah terpapar Covid-19 dengan protokoler kesehatan - Foto: Henry Lulmanul Hakim

Oleh: Ihsan Setiadi Latief

Edisi.co.id, Jakarta - Diantara hiruk pikuk Muktamar selain soal bursa Caketum, membahas Qanun Asasi Qanun Dakhili (AD ART), Program Jihad/Kerja, Bayan/Rekomendasi Muktamar, jangan lupakan pula para syuhada covid 19. Dua tahun kemarin merupakan tahun duka cita (amul huzni) khususnya bagi keluarga besar Jam'iyyah Persatuan Islam dan umumnya bagi bangsa Indonesia.

Di semua level, kegiatan tatap muka, dan berkumpul secara langsung di jami'iyyah Persatuan Islam dan Bagian Otonom, ditunda, dibatasi, sampai dibatalkan, Hampir semua jenis kegiatan (rapat, pengajian, ngantor dll dilakukan secara daring) sampai Muktamar XVI kali ini ditunda dua kali, selama dua tahun, menunggu sampai Pandemi melandai. Muktamar Persatuan Islam dan Bagian Otonom (Persistri, Pemudi dan Himi Persatuan Islam)  kali ini tak berlebihan didekasikan khusus bagi syuhada pandemi.

Entah berapa banyak kader terbaik yang wafat di lingkungan Jam'iyyah Persatuan Islam dan Bagian Otonom karena ada yang terbuka dan menerima taqdir Allah, ada yang menutupi dengan berbagai pertimbangan. Hanya terbaca ucapan dan doa ta'ziyah yang mengalir hampir setiap hari silih berganti lewat gadget whatsapp group dan media sosial lainnya tanpa bisa bertaziyah secara langsung. Apalagi di awal pandemi kita semua bingung harus melakukan apa dan bagaimana terhadap situasi yang tidak menentu saat itu. 

Baca Juga: PERSIS Kaltara Utamakan Anggota Dewan Hisbah KH. Aceng Zakaria dan Ulama Muda KH. Jeje Zaenudin Pimpin PERSIS

Anggota, Tasykil/pengurus, dan simpatisan. Santri, para guru, ustadz, Kiyai, pergi mendahului kita. Suami kehilangan istri, istri kehilangan suami, orangtua kehilangan anak, anak kehilangan orangtua. Semoga Allah merahmati dan mengampuninya..aamiin ya robbal aalamiin.

Kita bisa bermuktamar karena mereka, kematian akibat Pandemi Covid-19 bukanlah aib, insya Allah syahid sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw:

 أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا تَعُدُّونَ الشَّهِيدَ فِيكُمْ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ مَنْ قُتِلَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَهُوَ شَهِيدٌ قَالَ إِنَّ شُهَدَاءَ أُمَّتِي إِذًا لَقَلِيلٌ قَالُوا فَمَنْ هُمْ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ مَنْ قُتِلَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَهُوَ شَهِيدٌ وَمَنْ مَاتَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَهُوَ شَهِيدٌ وَمَنْ مَاتَ فِي الطَّاعُونِ فَهُوَ شَهِيدٌ وَمَنْ مَاتَ فِي الْبَطْنِ فَهُوَ شَهِيدٌ قَالَ ابْنُ مِقْسَمٍ أَشْهَدُ عَلَى أَبِيكَ فِي هَذَا الْحَدِيثِ أَنَّهُ قَالَ وَالْغَرِيقُ شَهِيدٌ (رواه مسلم)

“Telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb, telah menceritakan kepada kami Jarir dari Suhail dari ayahnya dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah saw bersabda: Apa yang dimaksud orang yang mati syahid di antara kalian? Para sahabat menjawab, Wahai Rasulullah, orang yang mati terbunuh karena berjuang di jalan Allah itulah orang yang mati syahid. Beliau bersabda: Kalau begitu, sedikit sekali jumlah ummatku yang mati syahid. Para sahabat berkata, Lantas siapakah mereka wahai Rasulullah?

Halaman:

Editor: Henry Lukmanul Hakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Cara Memilih Pasangan yang Baik Menurut Islam

Rabu, 23 November 2022 | 13:35 WIB

Hadits Golongan Orang yang Pertama Masuk Surga

Rabu, 23 November 2022 | 13:33 WIB

Adab Bersin dan Menguap Menurut Hadits

Rabu, 23 November 2022 | 13:32 WIB

Bolehkah Wudhu Pakai Air Hujan?

Rabu, 23 November 2022 | 11:35 WIB

Hadits Tentang Surga Ada di Bawah Telapak Kaki Ibu

Rabu, 23 November 2022 | 11:32 WIB

Padang Mahsyar Menurut Al-Qur'an dan Hadits

Rabu, 23 November 2022 | 11:30 WIB

Keutamaan Bacaan Istigfar Menurut Hadits

Selasa, 22 November 2022 | 12:32 WIB

3 Hadits Rasulullah Tentang Tersenyum Adalah Sedekah

Selasa, 22 November 2022 | 12:30 WIB

Keutamaan Dzikir Menurut Al-Qur'an dan Hadits

Selasa, 22 November 2022 | 12:29 WIB
X