3 Golongan Orang yang Doanya Tidak Tertolak Menurut Al-Qur'an dan Hadits

- Rabu, 23 November 2022 | 13:30 WIB

Edisi.co.id - Menurut hadits riwayat Ahmad, terdapat tiga orang yang doa mereka tidak terhambat atau tidak tertolak. Hadits tersebut tercantum Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban dalam kitab shahih keduanya. Berikut bunyi haditsnya,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : (ثَلاثَةٌ لا تُرَدُّ دَعْوَتُهُمْ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ يَرْفَعُهَا فَوْقَ الْغَمَامِ وَتُفَتَّحُ لَهَا أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَيَقُولُ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ وَعِزَّتِي لأَنْصُرَنَّكِ وَلَوْ بَعْدَ حِينٍ

Artinya : Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Tiga orang yang doanya tidak tertolak: pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai ia berbuka, dan doa orang yang terzalimi, Allah akan mengangkatnya di bawah naungan awan pada hari kiamat, pintu-pintu langit akan dibukakan untuknya seraya berfirman: Demi keagunganKu, sungguh Aku akan menolongmu meski setelah beberapa saat." (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

Baca Juga: Hukum Menutup Aurat Bagi Perempuan Muslimah Menurut Al-Qur'an dan Hadits

Menurut hadits di atas, tiga orang yang doanya tidak tertolak adalah pemimpin yang adil, orang yang berpuasa, dan orang yang terzalimi. Sayyid Alwi bin Abbas Al-Maliki berpendapat terkait golongan pertama yakni pemimpin yang adil.

Mereka adalah orang-orang yang mematahkan 'duri' orang-orang zalim dan pelaku kriminal. Ia menjadi sandaran kaum dhuafa dan orang-orang miskin.

"Dengan kehadiran pemerintah yang adil, urusan publik terselesaikan sehingga mereka merasa aman dan terjamin jiwa, harta, dan nama baiknya," ujar Sayyid Alwi bin Abbas Al-Maliki.

Golongan kedua yakni orang yang berpuasa sampai ia berbuka meliputi orang-orang yang berpuasa sunnah maupun wajib. Khususnya puasa di bulan Ramadhan.

"Terkabulnya doa orang yang berpuasa disebabkan kuatnya unsur kedekatan diri kepada Allah SWT, mengosongkan jiwa dari perkara mubah dan godaan syahwat," demikian keterangan Sayyid Alwi bin Abbas Al-Maliki.

Terakhir adalah golongan orang yang dizalimi. Menurut buku Ringkasan Fikih Sunnah Sayyid Sabiq karangan Syaikh Sulaiman Ahmad Yahya Al-Faifi terkabulnya doa orang yang dizalimi menjadi salah satu bukti dahsyatnya kezaliman yang dibenci Allah SWT. Allah SWT berfirman dalam surah Hud ayat 102,

Halaman:

Editor: Rohmat Rospari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Gampang Membuat Yogurt Sendiri Dari Rumah

Selasa, 24 Januari 2023 | 14:40 WIB

Cara Menyebuhkan Pilek Dengan Obat Tradisional

Jumat, 20 Januari 2023 | 22:46 WIB

Yuk Kenali Tanda-tanda Ginjal Yang Mengalami Masalah

Kamis, 19 Januari 2023 | 21:12 WIB

Apa Saja Penyebab Batuk dan Pilek? Yuk Simak

Kamis, 19 Januari 2023 | 21:07 WIB

Manfaat Bawang Merah Yang Harus Kamu Tahu

Kamis, 19 Januari 2023 | 21:03 WIB

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Selain Diet

Kamis, 19 Januari 2023 | 20:41 WIB

Makanan Yang Cocok Untuk Kesehatan Penderita Diabetes

Senin, 16 Januari 2023 | 21:36 WIB
X