Meskipun Pahit Ternyata Daun Pepaya Memiliki Banyak Manfaat Bagi Tubuh Loh!

- Rabu, 18 Januari 2023 | 13:00 WIB

Edisi.co.id- Buah pepaya adalah salah satu buah yang banyak digemari oleh banyak orang dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Buah pepaya juga menjadi sumber vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B, folat, potasium, magnesium, kalsium, serat dan enzim papain.

Buah pepaya ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung loh, hal ini karena kandungan potasium yang tinggi bisa mengurangi tekanan darah dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Vitamin C yang sering didapatkan dalam buah pepaya juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga dapat membantu mencegah infeksi atau penyakit.

Baca Juga: Ahli Giji Ungkap Cara Hindari Hipertensi Dengan Menjaga Asupan Garam

Berbanding terbalik dengan buahnya, daun pepaya memiliki rasa yang sangat pahit.

Meskipun demikian, daun pepaya ternyata dikenal memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan yang berhubungan dengan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya.

Beberapa manfaat yang diketahui dari daun pepaya meliputi:

1. Anti-inflamasi: daun pepaya memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada tubuh, seperti radang sendi dan asma.

3. Anti-oksidan: daun pepaya mengandung anti-oksidan seperti flavonoid, vitamin C, dan beta-karoten yang dapat melindungi sel dari kerusakan oksidatif dan mencegah penuaan dini.

5. Anti-tumor: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak dari daun pepaya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

6. Mencegah diabetes: daun pepaya dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula darah dan menjaga kadar insulin dalam tubuh.

7. Mengatasi masalah lambung: daun pepaya dapat digunakan untuk mengatasi masalah lambung seperti sakit maag dan diare.

8. Sumber enzim papain: daun pepaya mengandung enzim papain yang memiliki sifat anti-inflamasi, anti-tumor dan anti-oksidan.

Halaman:

Editor: Matilda Edisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X