• Sabtu, 1 Oktober 2022

Jangan Sampai Tiga Kali

- Senin, 8 Agustus 2022 | 13:32 WIB
Hendry Ch Bangun
Hendry Ch Bangun

Catatan Hendry Ch Bangun

Edisi.co.id - Ada suatu masa ketika menjalankan tugas ke luar kota untuk urusan Persatuan Wartawan Indonesia, malam hari kami semua berkumpul untuk meringankan beban pikiran. Lalu ketika di rumah makan atau ruang pertemuan ada musik hidup, satu persatu diminta bernyanyi. Siapapun wajib bernyanyi. Bahkan konon ada pameo, seorang calon pemimpin di PWI harus berani buka suara di depan rekan-rekannya. Kalau menyanyi depan teman saja saja tidak berani, bagaimana dia menghadapi khalayak, kira-kira begitu pembenarannya. Semacam tes mental.

Di era Tarman Azzam almarhum, lagu yang paling banyak dinyanyikan adalah Surga Di Telapak Kaki Ibu gubahan Said Effendi yang popularitasnya tembus sampai ke Semenanjung Malaysia. Liriknya tentang bagaimana jasa seorang ibu mengandung, melahirkan, membesarkan, anaknya dengan penuh kasih sayang, sehingga seumur hidupnya seorang tidak mampu membalas jasa ibunya dan oleh karena itu sebesar apapun baktinya surga itu hanyalah sampai di telapak kaki ibu.

Lagu hits lainnya yang kerap dipilih, Jangan Ada Dusta di Antara Kita, yang disenandungkan Broery Pesolima bersama Dewi Yul. Konon lagu itu juga banyak dinyanyikan di acara pisah sambut para pejabat negara, sipil atau militer. Liriknya memang menarik, tentang dua orang yang pernah punya masa lalu dan ingin menjalin hubungan baru dengan kekasih barunya. Keduanya menyatakan ya itulah kenyataannya, kalau mau jadi ya ayolah, yang penting setelah bersama jangan lagi ada kebohongan di rumah tangga.

Baca Juga: Zona Madina Dompet Dhuafa dan YBM PLN Gelar Pelatihan Gerakan Sekolah Menyenangkan

Tapi lebih dari makna intrinsik lagu, sebenarnya mengapa lagu ini dinyanyikan acara rekan sejawat adalah seperti menggambarkan prinsip kolegialisme, kebersamaan korps. Kalau sudah menjadi keluarga besar, tidak boleh ada dusta, kebohongan, sampaikan saja apa adanya untuk dibicarakan. Singkirkan semua perbedaan, mari jalin kebersamaan.

Nah, lagu favorit berikutnya adalah Jangan Sampai Tiga Kali yang dipopulerkan oleh tiga penyanyi dari Medan, Trio Ambisi. Meskipun penampilan seadanya, tiga orang ini berhasil menyajikan kombinasi suara apik dan enak didengar. Isinya bercerita tentang bagaimana seorang pemuda masih memberi kesempatan kepada kekasihnya yang melakukan perselingkuhan untuk kembali kepadanya. Meskipun sakit hati, dia masih mau memaafkan. Tapi pesannya jelas, “jangan sampai tiga kali”. Mungkin karena sudah terpergok dua kali. Sebab sejatinya tidak ada orang yang memberi maaf untuk urusan kesetiaan itu, kecuali orang itu luar biasa sabarnya. Sekali salah saja pasti sudah diputuskan hubungan, atau digugat cerai kalau sudah terlanjur naik ke jenjang perkawinan. ***

Soal tiga kali ini tidak hanya soal kesetiaan yang dinyanyikan dalam lagu. Di banyak urusan khususnya kekuasaan, tiga kali ini sering menjadi patokan atau batas, yang kurang jelas dasar alasannya. Di zaman Orde Lama dan Orde Baru, masa jabatan presiden tidak dibatasi sehingga Soekarno dan Soeharto menjabat berkali-kali. Tetapi ketika kemudian Orba tumbang dan Indonesia masuk ke masa reformasi, limitasi masa jabatan dianggap perlu karena dampak negatif kekuasaan yang tidak dibatasi.

Baca Juga: Berdayakan Mustahik, Zona Madina Dompet Dhuafa Gelar Pelatihan Kualitas Kemasan

Halaman:

Editor: Ilham Dharmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Universitas Islam Terbaik di Dunia Versi UniRank 2022

Jumat, 30 September 2022 | 13:25 WIB

Kepribadian Zodiak Aries

Jumat, 30 September 2022 | 13:13 WIB

9 Manfaat Melon Untuk Kesehatan

Jumat, 30 September 2022 | 12:42 WIB

Manfaat dan Efek Gula Aren untuk Kesehatan

Jumat, 30 September 2022 | 12:37 WIB

Manfaat Minum Kopi

Kamis, 29 September 2022 | 14:17 WIB

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Kamis, 29 September 2022 | 14:15 WIB

Diduga Cabuli Anak SMK, Oknum Guru Dipolisikan

Selasa, 27 September 2022 | 14:35 WIB

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Jumat, 23 September 2022 | 10:23 WIB

Oknum Pengacara di Semarang Ditangkap KPK

Jumat, 23 September 2022 | 10:20 WIB

Ramalan Zodiak 23 September 2022

Jumat, 23 September 2022 | 10:10 WIB

Manfaat Teh Gingseng Untuk Kesehatan Tubuh

Kamis, 22 September 2022 | 11:09 WIB

12 Ramalan Zodiak Hari Ini

Kamis, 22 September 2022 | 09:54 WIB
X